casting lampuuk

29 oktober 2011, sabtu pagi yang cerah tiba-tiba dikabarin harus foto untuk e-ktp.
waduh alamat batal casting nih pikir saya.
tapi ternyata kesempatan masih ada, jam 9 teng selesai semua urusan, langsung bangunin bejak, sarapan dan goes to lampuuk beach.. dengan masing-masing perangkat casting serta lure minnow dan mini popper.
spot pertama nyoba di dekat tempat nyewa banana boat karena banyak karang dangkalnya.
gak nyampe 15 menit udah rame yang mandi-mandi ketawa-ketiwi beberapa meter dari tempat kami casting, wuaaah pada lari nih ikan.
langsung menjauh dari kerumunan manusia yang berenang, nyisir ke arah pantai babah dua,
ketemu seorang pemancing juga dia pake umpan udang hidup belum dapat sambaran juga, okey lanjut nyisir lagi garis pantai, sampe matahari tepat di atas kepala dan mentok di tebing depan joels cafe babah dua,
air jernih ombang sedang, akhirnya mutusin istirahat sejenak, tiba-tiba ada tiga orang bawa papan surfing langsung masuk ke air dan joget-joget di ats papanya itu, wuaaduh gimana mau casting nih,
sempat kepikiran end karena dari tadi juga gak ada tanda-tanda serta sambutan dari mangsa.
tiba-tiba teringat spot di balik tebng ini. tapi kalo mau kesana ya gak dekat.
harus mutarin bukit sama mendaki dikit, berembuk daripada nanggung mending mainkan terus deh.
okey mulai jalan mutarin bukit, masuk kebun warga, ada hutan dikit 15 menit nyampe di pantai seberang bukit babah dua, udah sekitar jam satu siang. istirahat lagi karena jalan sambil casting dari banana boat sampe kemari lumayan jauh, tambah naik turun gunung lagi.
tapi penderitaan belum selesai karena harus ndaki bukit lagi supaya bisa cast di tempat yang agak dalam, karena buta sama jalan dan spotnya ya udah coba-coba pelan-pelan akhirnya nyampe deh, stock minuman hampir habis karena panasnya itu lho, sesuatu banget..
duduk santai di atas bebatuan tajam tebing sama sebatang rokok untuk ngatur nafas.
okey kita mulai cast di spot ini, saya turun duluan ke pinggir tebing di ikuti bejak.
lemparan pertama , popper jatuh ke air . gulung reel tiba-tiba byaaaaar setengah badan GT nongol ke atas air nyoba nyabar popperku tapi gak ada hentakan berarti gk kena. terus gulung dan mainin popper gk di ikutin lagi sampe ke bibir tebing.
bejak langsung ngelempar di dekat tempat jatuhnya popper saya tadi dan tiba-tiba ada cipratan air lebih besar dari yang bisa dihasilkan mini popper ukuran segitu. joranya melengkung, tajam karena cuma joran kelas 14 lbs dan posisi kami yang di atas tebing. diam hening cuma joran yang bengkok beberapa detik barulah dia lari dan reel berderit. bejak cuma nahan sambil pelan-pelan kencangin drag karena benangya mono 10lbs. tanpa leader.
beberapa saat perlawanan berkurang dan ikan bisa di pompa. kemudian dia lari ke arah tebing karena benang yang kecil drag dikencangin sampe ikan gak bisa narik agar gak kegesek batuan tebing. kalo sampe kegesek say godbye deh.
saya turun lebih ke bawah untuk ngambil ikan dan mulai tampak bayangan silver di dalam air, terus gulung dan saya dapat meraih benang dan mengangkat ikan perlahan2. bisa turun kesitu karena ombaknya flat, kalo lagi beralun jangan coba-coba deh, bulu babi juga penuh disitu. kerajaanya kali ya.
oiya terus ikan berhasil naik, dan foto-foto untuk post disini.
bejak senang bukan main karena udah beberapa bulan boncooos terus. dan juga nih baby gt strike di lemparan pertama, first cast gitu ceritanya.
udah hampir jam dua siang lanjut cast beberapa kaligak ada sambaran dan kejaran, awan mendung mulai datang. masih lanjut casting tapi kok tiba-tiba awanya semakin hitam dan ombak mulai gede.
ya udah deh pulang aja pikir kami, jalan lagi nurunin tebing sekitar 40 meter dari tempat pertama ternyata ada tempat yang terlindung dari ombak dan lumayan luas. coba cast lagi disitu. lagi-lagi saya duluan lemparin popper dan anehnya ketika popper hampir nyampe bibir tebing kok kaya ada ikan di bawahnya, tiba-tiba dia nyambar-nyambar saya gak tau harus gimana karena ruang gerak untuk narik popper udah habis popper udah dibibir tebing dua meteran di bawah tempat saya berdiri. saya gerakin kekiri dan kekanan aja pikir saya lima kali sang GT nyambar tapi gak nempel tu hook di mulutnya. terus dia balik arah dan berenang menjauh.
heran !
selesai liat pertunjukan itu, bejak yang di samping saya mulai cast juga. saya juga dong, dilemparan kedua kejadian seperti di atas kembali terulang. kenapa ya??
popper gak kebesaran dan juga cocok untuk ukuran ikan segitu, yg nyambar-nyambar popper saya tu ukuran 3 atau 4 kiloan mungkin.
karena penasaran nyoba ganti minnow. oiya bejak dari tadi masih cast mini popper tapi gak ada sambaran.
lagi terlena dengan penasaran byuuuuur hujan lumayan deras turun, ya udah deh memang harus berakhir ni trip, kembali menyusuri jalanan tadi dari mulai turun gunung terus jalan di pinggir pantai.
sampe lampuuk lagi kok udah rame gini, oiya kan hari sabtu.
ya udah karena udah pada basah akhirnya kami ikutan gabung berenang-berenang deh sama manusia2 disitu mungkin juga ada ikan.
barang-barang sama tackle nongkrongin di atas pasir plus satu baby GT yang habis kami berenang-renang kok kayanya ukuranya tambah besar ya. hehehe
next kembali ke parkiran dan pulaang..

Komentar

Postingan Populer